Pelatihan AVR

10 Maret 2011

gerbang kecil sang kupu-kupu

Assalamu'alaykum Wr. WB
saya punya cerita menarik, semoga membantu dan menggugah...


sudah beberapa hari ini seorang anak menunggu dengan cemas, ia menunggu kepompong kupu-kupu untuk berubah menjadi kupu-kupu. namun ia belum tahu berapa umur kepompong itu, sehingga ia tidak tahu kapan sang kupu-kupu akan keluar dari 'rumah' lamanya itu.

setelah beberapa hari menunggu, akhirnya sang anak mendapati ada pertanda bahwa sang kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu. perlahan ia melihat sebuah lubang kecil pada kepompong itu, mata sang anak kemudian berbinar binar menandakan kesenangan hatinya. ia menunggu dan terus menunggu. dalam hatinya, ia bertanya "kenapa lama sekali? ". dalam pengamatannya ia melihat lubang pada kepompong itu sangat kecil, dan ia berpikir mana mungkin sang kupu-kupu dapat keluar dari sana dengan lubang sekecil itu. namun ia tetap bersabar dan tidak ingin melewatkan detik demi detik hingga sang kupu-kupu berhasil keluar dari kepompongnya.


namun diperhatikannya kupu-kupu itu tampak sangat kesulitan melewati lubang kecil yang tak kunjung membesar itu. sang anak sangat khawatir jika kupu-kupu itu tidak akan bisa keluar dari kepompong itu. maka iapun berlari kedalam rumah, kemudian diambilnya sebuah gunting kecil yang tajam. tanpa membuang waktu sang anak berinisiatif membukakan lubang bagi sang kupu-kupu. ia berharap sang kupu-kupu dapat keluar dan segera terbang bagai kupu-kupu lainnya.

akhirnya sang kupu-kupu dapat keluar dari kepompongnya!! namun sang anak mendapati kupu-kupu itu gemuk dan sayapnya nampak layu dan tidak mengembang. dan sang anak pun harus mendapati kupu-kupu itu tidak dapat terbang layaknya kupu-kupu lainnya. merasa kecewa, sang anakpun berlalu. dan kupu-kupu itu akhirnya ..... MATI karena ia tidak dapat terbang.

adakah yang salah? ternyata kupu kupu yang kita lihat dengan rasa kagum karena ia sangat indah, cara terbangnya sangat menawan. juga harus melewati salah satu masa tersulitnya yaitu harus melewati lubang kecil yang mungkin terlihat mustahil untuk dilalui. namun ternyata Allah punya kehendak lain akan hal itu. ternyata lubang itulah yang membuat sang kupu-kupu dapat terlihat lebih cantik dan anggun. lubang itulah yang memaksa cairan pada tubuh kupu kupu untuk berpindah tempat dan mengisi ruang-ruang pada sayapnya hingga sayapnya dapat mengembang untuk menopangnya dalam terbangnya. dan juga membuat tubuhnya lebih ramping.


ternyata kupu-kupu juga harus melewati masa-masa tersulit dalam hidupnya agar dapat menjadi indah.bagaimana dengan kita? tentu hal itupun berlaku pada kita. tidak ada hambatan dan rintangan yang tidak "mempercantik" kita semua itu diberikan kepada kita hanya untuk menjadikan kita lebih baik dari sebelumnya. jangan hanya karena rintangan yang terlihat berat lantas kita menyerah. ya, itu semua agar kita menjadi lebih baik, lebih "cantik", juga lebih "anggun".

bagimana dengan sang anak? ya, sang anak harus belajar tentang mempercayai kemampuan seseorang, karena semua akan menjadi lebih baik jika ada sikap saling mempercayai dan juga saling mendidik serta menjaga. bukan berarti kata percaya itu melambangkan sikap cuek, namun kata percaya melambangkan sikap sangat peduli, karena kepercayaan juga menuntut kita untuk mendidik dan juga menjaga.

"karena kita butuh kepercayaan untuk melangkah, kita butuh rintangan untuk berubah. berubah lebih baik"


Wassalamu'alaykum Wr Wb
Fardhady Himawan KH


Tidak ada komentar: