Pelatihan AVR

11 Maret 2011

Texas Instruments Digital Signal Processor (TI DSP)

Assalamu'alaykum wr. wb.

sebelum melangkah lebih lanjut, mungkin saya jelasin dulu apa itu DSP. berbeda dengan DSP yang berati digital signal processing yang lebih kepada pemrosesan sinyal digital atu lebih kepada cara proses suatu sinyal digital. nah kalo DSP yang akan dibahas yaitu Digital Signal Processor yang berarti processor yang dirancang khusus untuk pemrosesan sinyal digital.

lalu apa bedanya DSP dengan prosesor umum seperti Intel, AMD, ataupun Power PC?
jika prosesor secara umum memang didesain untuk Multi Purpose Tasking dan memang tidak dikhususkan untuk suatu proses tertentu seperti prosesor yang ada di motherboard yang dikhususkan untuk transfer data, prosesor di VGA card untuk graphik dan lainnya.

DSP didesain khusus untuk operasi SOP (Sum Of Product). jadi jenis operasi SOP itu merupakan operasi perkalian di dalam penjumlahan (nah lho...). atau bisa dikatakan prosesor ini didesain khusus untuk pemrosesan array karena biasanya sinyal berbentuk array. misalnya sinyal suara merupakan array 1 dimensi dan gambar merupakan array 2 diminesi. bagi yang belum mengerti tentang SOP, biasanya operasi SOP dapat ditulis seperti ini :

SOP array 1 dimensi :

SOP array 2 dimensi :

SOP array 3 dimensi :
nah itulah perbedaan mendasar pada jenis prosesor ini dengan prosesor pada umumnya.

kemudian lebih mendasar lagi akan saya jelaskan DSP yang berasal dari texas instruments atau yang sering juga disebut dengan seri TMS. pada prosesor ini memiliki arsitektur khusus yang disebut dengan velociTI. dengan arsitektur ini didesain prosesor bisa mempunyai fitur superscalar yang dapat memproses instruksi hingga 8 kali. hal ini dikarenakan prosesor ini mempunyai 8 ALU (arithmetic logic unit) yang digunakan sebagai media penghitung. dengan kata lain prosesor ini dapat menjalankan 8 instruksi sekaligus dalam 1 clock.

masih bingung? saya ambil contoh prosesor tipe TMS320C6455 (baca disini)memliki 8 ALU dengan clock sebesar 1.2 GHz. dengan kata lain prosesor ini memiliki dapat menjalankan 8 x 1.2 GHz instruksi dalam 1 detik atau nama kerennya 9.6 GIPS (Giga Instructions per Second).

oya prosesor tipe ini menggunakan dasar arsitektur Harvard lho, nanti saya jelasin deh pa itu Harvard architecture. dengan kemapuan dapat mengakses JTAG untuk simulasi dan analisis dan juga sistem pengaksesan memory yaitu Little Endian dan Big Endian. penasaran? lihat posting selanjutnya. :)


Wassalamu'alaykum wr wb
fardhady HK Hanggara


Tidak ada komentar: